Minggu, 04 November 2012

MENGENANG KEMBALI G-30 S PKI

Sejarah meruapakan sebuah massa lalu yang perlu kita ketahui, bagaimana pun kelamnya maupun baiknya perlu adanya pembelajaran dari diri kita sendiri, sebagai seorang yang bergelut dalam ilmu eksak, kita pun perlu mempelajari sejarah, bukan hanya selalu berkutat dengan rumus ini rumus itu, tetapi juga harus mencari ilmu yang lain.
Tanggal 30 September 1965 merupakan tanggal yang bersejarah bagi bangsa kita, mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat  Indonesia tentang hari itu. Pemberontakan PKI yang dilakukan pada tanggal tersebut merupakan sebuah sejarah kelam Indonesia, peristiwa paling sadis dan paling mengenaskan yang memakan beribu-ribu nyawa menjadi korban.
Peristiwa ini masih menjadi simpang siur kebenarannya, masih belum jelas apa sebenarnya yang mendasari kejadian ini ada. Ada beberapa pendapat tentang penyebab dari terjadinya peristiwa G-30 S PKI ini, pendapat pertama mengatakan bahwa PKI tidak menginginkan angkatan darat berkuasa. Pedapat kedua mengatakan bahwa ini hanyalah skenario yang dibuat oleh Soeharto yang pada saat iu menjabat sebagai panglima angkatan darat yang menginginkan dirinya menjabat sebagai presiden, sedangkan pendapat lain mengataka peristiwa ini merupakan skenario dari CIE yang menginginkan Soekarno lengser dan digantikan oleh Soeharto karena peristiwa itu tidak sampai tuntas.
Mungkin kita masih ingat sebuah film yang selalu diputar setiap malam tanggal 30 September dahulu ketika kita masih kecil, pemutaran Film ini dilakukan selama jaman kepemimpinan Soeharto itu tidak dapat dipercayai kebenaran  ceritanya, film ini hanya diputar balikan faktanya oleh si pembuat film tersebut supaya citranya tidak buruk karena kejadian pemberontakan tersebut. Seperti sebuah rahasia umum, kebanyakan sejarah selalu dimanipulasi oleh penguasa jadi belum bisa diketahui kebenaran dari cerita ini. Sejarah tidak dapat diketahui bagaimana kebenaranya hanya saja perlu dipelajari sebagai bahan renungan kita dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar